Update

6/recent/ticker-posts

Kelas Kreatif Silalahi Projects

 Cikal bakal / Sejarah Dibukanya Kelas Kreatif "Silalahi Projects"


Seiring perubahan perekonomian dunia, perekonomian Indonesia pun mau tak mau harus ikut berubah. Pada masa tahun 80-an, perekonomian Indonesia belum akrab mengenal sistem ekonomi kreatif. Kini Indonesia sudah mulai menggerakkan kegiatan ekonomi yang disebut sebagai ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

Definisi ekonomi kreatif menurut kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif: industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Berdasar batasan ini jelas sekali orientasi ekonomi kreatif adalah individual, sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif. Banyak orang kreatif, mampu menghadirkan karya-karya kreatif yang bernilai ekonomi tapi enggan atau tidak mampu menangkap peluang ekonomi yang ada dalam karya-karyanya.

Pemerintah dalam hal ini kementerian parawisata dan ekonomi kreatif yang dipimpin oleh Bapak Sandiaga Salahuddin Uno sangat concern terhadap parawisata dan kreatif yang ada di Indonesia. Khusus nya di kawasan danau Toba yang ditunjuk sebagai salah satu destinasi super prioritas pariwisata, dengan harapan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dengan mempersiapkan keahlian dan keterampilan dalam membuat karya yang bisa dipasarkan dan pastinya layak jual dipasaran. 

Silalahi Nabolak terletak di pesisir Danau Toba tepatnya berada di Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi dengan panorama alam dan pegunungan yang asri serta banyak meninggalkan nilai - nilai bersejarah yang membuat Desa ini menjadi nilai pendukung pariwisata.

Banyak tempat wisata yang layak dikunjungi namun tidak sesuai dengan harapan wisatawan yang berkunjung karena tidak tau membawa oleh-oleh / buat tangan untuk dijadikan kenang-kenangan dari desa ini. 

Dari peristiwa ini lahir lah Ide dari beberapa pemuda yang ingin membuat sesuatu yang bernilai dengan membuat eksperimen baru untuk membuat karya yang mungkin bisa jadi oleh-oleh jika wisatawan lokal maupun mancanegara nanti nya berkunjung ke tempat ini. 

Kreatif adalah Ide baru / Gagasan yang dimiliki setiap individu yang belum pernah terpikirkan sama sekali oleh individu lain. Ada beberapa hal yg penting untuk saat ini kami terapkan dalam kelas kreatif diantaranya : 

1. Barang Seni
    Membuat karya dengan Ukiran, Lukisan dll

2. Kerajinan Tangan
  Membuat Sortali, sal , Ulos, daur ulang sampah dengan produk kreatifitas yg layak dijual
 
3.Design Produk
  Membuat produk menjadi mahal dan bermutu

4. Musik
    Main alat musik, membuat lagu, Aransemen musik dll

5. Film 
    Short movie , Dokumenter dll

6. Video
    Membuat video random, vlog dan sejenisnya 

7. Fotografi
    Menjadi fotografer handal 

Les Gratis Silalahi Projects sebelumnya sudah membuka 3 kelas diantaranya : Bahasa Inggris, Matematika dan Komputer 


Pada hari Sabtu tanggal 15 Januari 2022 Silalahi Projects membuat kelas baru yang belom pernah ada sebelumnya di tempat les maupun di sekolah umum, sasaran utama dalam kelas ini adalah para eks siswa / Siswi yang ada di Sekolah formal Kecamatan Silahisabungan ini karena putus sekolah karena tidak ada biaya atau karena tidak ada minat belajar siswa / siswi ini, Namun usaha itu pun belum sesuai dengan yang diharapkan. Namun tidak menjadi persoalan karena ada beberapa anak SD dan SMP yang mengikuti Program Les ini. 



Awalnya kelas kreatif dibuka hanya untuk para peserta Les kategori SMP mengingat kreatif mereka lebih mendominasi dibanding anak-anak SD, akan tetapi anak-anak SD sangat antusias untuk mengikuti nya, jadi diputuskan kelas SD dibuka juga seminggu setelah kelas kreatif ini dibuka. Kelas kreatif masih menunggu jika eks siswa / siswi mau bergabung dan mendaftarkan dirinya menjadi bagian dari Les Gratis Silalahi Projects di kelas kreatif.

Saat ini peserta Les yang mengikuti kelas kreatif kurang lebih ada 33 orang peserta dengan kategori : 
  • SD           25 orang 
  • SMP         8  orang 

Baca juga :

Cara membuat Sofa di kelas kreatif 
Ulos Silahisabungan 
Kunjungan Bupati Dairi ke Les Gratis Silalahi Projects



Posting by : Marvin Sidabariba 

Post a Comment

0 Comments