Update

6/recent/ticker-posts

Sofa dari Bekas Kemasan Air Minum

Cara Membuat Sofa dari Botol Plastik Bekas


Dalam artikel kali ini, Saya Marvin Sidabariba selaku tutor / teman belajar di kelas kreatif di les gratis Silalahi projects  akan mempublikasikan cara membuat Sofa dari bahan plastik bekas. Sebelum kita membahas bagaimana cara untuk membuatnya, perlu kita ketahui terlebih dahulu, apa dan mengapa kita bahas topik ini.

Apa Topik yang akan dibahas ? 

Hal pertama yang akan kita bahas adalah masalah sampah plastik yang tanpa kita sadari sudah sering diabaikan, dalam hal ini kita akan membuat sebuah solusi kecil yang diharapkan bisa membantu pemerintah setempat bagaimana cara untuk mengatasi pemasalahan sampah plastik yang ada, khususnya di lingkungan sekitar kita, Kecamatan Silahisabungan, hal yang selanjutnya perlu kita ketahui adalah mengapa hal tersebut bisa terjadi? Mengapa masalah sampah ini sering diabaikan, hal yang pasti adalah ketidakmampuan kita untuk mengelola bahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat atau bahkan bisa menghasilkan pundi pundi untuk kita dan keluarga.

Siapa yang melakukannya?

Kelas Kreatif telah memulai program sederhana ini dengan mengelola sampah yang ada di lingkungan di sekitar tempat Les Silalahi Projects dengan cara memungut satu-persatu sampah plastik. Les Silalahi Projects membuat istilah PKL ( Program Kebersihan Lingkungan ) yang dimana nantinya diharapkan program ini bisa menumbuhkan kebiasan baik dengan membersihkan lingkungan dan mengambil sampah - sampah yang mungkin masih bisa di daur ulang oleh mereka yang dimulai dari Lingkungan para peserta Les.

Baca Juga :

Kapan dilakukan Program ini?

PKL (Program Kebersihan Lingkungan) sudah dilakukan sejak Kelas Kreatif dimulai pada tanggal 15 Januari 2022, dan akan terus berjalan selama program Les Silalahi Projects ini masih ada karena kebutuhan bahan bahan bekas yang akan digunakan di kelas kreatif. ada 2 keuntungan besar dalam melakukan program ini yaitu : 

1. Sampah yang ada di Lingkungan akan sangat berkurang dengan perlahan jika program ini tetap berjalan 

2. Dengan banyak nya bahan Botol Plastik yang terkumpul akan memudahkan para peserta Les Silalahi Projects untuk membuat Sofa    

Dimana Program ini dilaksanakan?

Program ini, dirancang untuk dilakukan di Lokasi Les Silalahi Projects, dan dimana nantinya diharapakan Program ini bisa dikembangkan di setiap lingkungan masing masing peserta les secara khusus dan masyarakat kecamatan silahisabungan secara umum.

Bagaimana cara untuk Mengolah Botol Plastik Bekas Menjadi Sofa?




Alat Dan Bahan Membuat Sofa :

- Botol Bekas (berguna sebagai bahan utama kursi)
- Plastik Kantongan ( Berguna untuk membuat botol tersebut padat agar tidak mudah goyang)
- Lakban Plastik (berguna untuk mengikat beberapa botol agar tidak mudah terlepas)
- Kardus Bekas/Triplek (berguna untuk menutupi bagian atas dan bawah botol agar rapi)
- Busa (berguna untuk membungkus botol dan membuat kursi menjadi empuk dan nyaman)
- Kain Perca (berguna untuk menutupi permukaan luar agar menjadi rapi)

Cara Membuat Sofa Dari Botol Plastik Bekas :


1.Kumpulkan semua botol bekas yang mempunyai ukuran yang hampir sama.

Selanjutnya isi plastik kantongan ke dalam botol bekas hingga penuh kemudian rekatkan semua botol menjadi satu dengan menggunakan lakban, ikat melingkar dibagian botol, lakukan hingga botol tersusun rapi,  

2. Gunakan kardus bekas atau triplek yang sudah dipotong menjadi lingkaran untuk menjadi alas penutup bagian atas dan bawah botol. Kemudian rekatkan semua dengan lakban plastik hingga benar-benar terikat rapi.

3. Bungkus semua bagian dengan menggunakan busa yang empuk. 

4. Setelah semua tertutup, kemudian rapikan dengan menjahitnya agar busa tidak lepas. Jahit pada bagian sambungan atas dan bawahnya.

5.Jika Busa sudah rapi, jahitlah. dan selanjutnya tutup menggunakan kain, kain yang digunakan bisa jenis kain apa saja

6. Langkah terakhir, gunakan kain waal, atau kain hias untuk menutupi bagian luarnya agar terlihat lebih cantik.

Demikianlah cara membuat sofa cantik dari botol plastik bekas yang tentu saja berguna untuk para peserta Les Silalahi Projects. Sebelum Sofa Cantik ini dihasilkan dalam jumlah banyak untuk diperjualbelikan kami selaku tutor di tempat Les mengharapkan para peserta Les membuat Sofa ini di rumah masing - masing.  

Setelah jadi orang tidak akan menyangka jika kursi yang cantik ini terbuat dari barang bekas. Semoga Program ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi 



Diposting Oleh : Marvin

Post a Comment

0 Comments