Update

6/recent/ticker-posts

Mengolah Sampah Jadi Karya Kreatif

 Mengubah Limbah / Sampah Bekas Minuman Gelas Menjadi Kerajinan Tangan   

Silalahiprojects - Keberadaan Sampah di sekitar lingkungan kita adalah hal yang tak terhindarkan, bahkan hampir di seluruh penjuru tempat ada sampah yang bertebaran. botol, plastik, kertas, kardus, dll adalah jenis sampah yang bisa dilihat dengan jelas yang menjadikan daerah tersebut terlihat kumuh. sering kali kita tidak peduli dengan dampak yang buruk bagi kesehatan jika tidak serius menangani hal ini.


Limbah sampah  

Sejak puluhan tahun yang lalu sampah ini bahkan menjadi pekerjaan yang sulit untuk dituntaskan masyarakat lingkungan masing - masing bahkan pemerintah sekalipun. Pengangkutan sampah ke tempat pembuangan adalah salah satu alternatif  jangka pendek yang saat ini dilakukan namun tidak menjawab solusi yang ditawarkan dalam hal pengolahan/daur ulang. 

Kerajinan tangan yang sering kali kita lihat baik secara langsung maupun yang ada di media sosial sangat bervariasi dan pasti setiap karya tersebut memiliki nilai jual masing masing, namun kita belom tau untuk membuat karya tersebut apakah menggunakan bahan yang selama ini menjadi persoalan masyarakat tentang kebersihan lingkungan.    


Limbah Plastik Minuman Gelas 

Kategori dalam pengolahan kerajinan tangan dengan menggunakan Limbah / sampah plastik dan mungkin banyak jenis limbah lainnya sangat bervariasi di dalam kelas kreatif, ada beberapa peserta Les yang menggunakan dari Minuman Gelas, Minuman botol, kardus, batok kelapa, bungkus rokok dan lain sebagainya.  

Kali ini peserta Les Silalahi Projects melalui Kelas Kreatif mengelola limbah / sampah menjadi sebuah karya (Tas), Salah satu contoh limbah sampah yang digunakan dalam membuat karya kreatif kerajinan tangan adalah Limbah plastik Minuman Gelas.dan mungkin di kesempatan lain peserta Les mampu melakukan hasil kerajinan tangan yang lain dengan menggunakan bahan yang sama. 

Baca Juga : 


Proses membuat Kerajinan tangan (Tas) dengan menggunakan bahan Limbah plastik Minuman Gelas adalah sebagai berikut : 

Alat dan bahan :

  1. Limbah Minuman Gelas
  2. Gelang tali 
  3. Kain 
  4. Gunting
  5. Jarum Sulam 
  6. Benang Sulam 

Proses Pembuatan : 

  1. Gunting bagian atas Minuman Gelas
  2. ikat bagian atas minuman gelas tersebut menggunakan gelang tali sesuai kemauan sehingga membentuk tas 
  3. Tempel kain dibagian dalam menggunakan jarum jahit 
  4. Selesai  

Ini hasil sebelum menambahkan kain ke dalam Tas 


 
Posting By : Marvin Sidabariba 
 


Post a Comment

0 Comments