Update

6/recent/ticker-posts

Karya Lukisan Pemuda Desa Silalahi Nabolak, Kecamatan Silahisabungan

Kecamatan Silahisabungan
Sabtu , 20 Agustus 2022

Pemuda Kecamatan Silahisabungan Menunjukkan Karya berupa Lukisan, Kalung dan Patung ke Ibu Bupati Dairi 

Pemuda Silahisabungan di dampingi Oleh Camat Silahisabungan berserta Ibu foto Bersama dengan Ibu Bupati Dairi
(Ibu Romy Frida Mariani Simarmata)
 

Seni merupakan suatu keahlian seseorang dalam membuat karya yang bermutu akan dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, maknanya, dan lain sebagainya. Seni dapat berupa kegiatan manusia dari berbagai bidang, seperti karya visual, audio, atau pertunjukan untuk dihargai keindahan dan kekuatan emosinya.

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.

Lukisan adalah karya seni lukis yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pengikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.

Banyak Kreatifitas Pemuda Silalahi Kecamatan Silahisabungan yang menonjol yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, Salah satunya Seni, hanya saja wadah untuk menampung Kreatifitas menjadi penghambat para generasi muda untuk berkreasi. Kami selaku Pemuda Kecamatan Silahisabungan mencoba untuk membuat suatu wadah untuk mengajak para pemuda/pemudi yg punya kreatifitas untuk menuangkan ide dan pikirannya dalam bentuk karya.

Belakangan ini banyak sekali bermunculan Seni di Kecamatan Silahisabungan salah satunya Seni Gerak. Dengan banyak nya Sanggar Tari yang dibentuk membuat banyak ragam kegiatan positif yang bisa meningkatkan kualitas diri dari masyarakat tersebut khususnya anak-anak pelajar.

Di sisi lain, seni yang baru baru ini muncul yaitu seni Rupa, dengan menghadirkan beberapa karya seperti : Lukisan, Patung, Kriya, Relief dan Fotografi

Lukisan hasil karya dari goresan kuas Lamhot Sitanggang yang penuh dengan nilai spritual yg memiliki makna tersendiri bagi pelukis dan penikmatnya.

Baca Juga : 
Kunjungan Bupati Dairi Ke Les Silalahi Projects

Mengolah Sampah Menjadi Karya Kreatif 

Sofa Dari Bekas Kemasan Air Minum  


Akan banyak sekali karya yg akan dibuatnya dengan harapan banyak pemuda/pemudi tertarik dan mau bergabung serta berkolaborasi untuk menunjukkan kreatifitas yang selama ini tersimpan.

Atas arahan dari Bapak Landong Napitu selaku Camat Silahisabungan, Lamhot ( Pelukis) diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil karya nya ke Ibu Bupati Dairi, apresiasi dari Ibu Bupati menunjukkan bahwa Lukisan tersebut sangat bagus yang punya nilai tersendiri baginya, sehingga tanpa pikir panjang langsung membawa lukisan tersebut ke Sidikalang untuk dipajang di kantor Dekranasda Kabupaten Dairi.

Di sela-sela pengamatan Ibu Bupati terhadap karya Lukisan tersebut, Beliau juga mengajak untuk turut ikut  mengajari Ibu -ibu PKK Kabupaten Dairi untuk diajarkan Teknik dasar Melukis. Selain Lukisan tersebut masih ada beberapa karya seperti : Patung, Kalung, Lampu hias dari bahan sampah, dll yang ditunjukkan ke Ibu Bupati.  

Posting By : Marvin Sidabariba 


Post a Comment

0 Comments